Tips Jual Rumah Take Over

Posted by mct on

Masalah kadang datang tanpa terduga. Kebutuhan akan hidup ini senantiasa berkembang secara dinamis dan susah untuk ditebak. Salah satu contohnya adalah ketika sudah kesusahan untuk membayar angsuran rumah dijual di bandung yang dibelinya secara kredit. Keadaan ekonomi yang memburuk biasanya yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang kurang lancar dalam membayar rumah kredit tersebut. Maka salah satu cara atau tips supaya terlepas dari jeratan kredit adalah dengan melakukan take over rumah tersebut kepada orang lain. Jual rumah take over tentunya tidak boleh dilakukan sembarangan harus dengan sesuai prosedur yang berlaku karena ada aturan yang harus dipatuhi dalam hal jual beli rumah take over tersebut. Disini akan kita bahas beberapa tips jual rumah take over yang sesuai dengan prosedur supaya nantinya tidak ada pihak yang dirugikan.

  1. Dokumen Perjanjian

Hal paling mendasar yang harus kalian siapkan ketika hendak melakukan take over rumah kepada orang lain adalah dengan menyiapkan dokumen perjanjian nantinya yang meliputi akta jual beli, serah terima kredit, dan dokumen pendukung lainnya. Kelengkapan dokumen perjanjian antara kalian dan pihak lainnya akan membantu memberikan rasa aman bagi si pemilik rumah nantinya supaya nanti tanggung jawab kredit akan jatuh pada si pihak selanjutnya. Hal ini meliputi kemungkinan telat bayar yang akan menjadi track record di pihak selanjutnya bukan di pihak pertama lagi.

  1. Harga Take Over

Biasanya  harga jual rumah take over hanya down payment dan angsuran yang sudah terbayarkan. Itupun tidak sepenuhnya dibayarkan oleh pihak selanjutnya akan tetapi ada pengurangan beberapa persen karena rumahnya sudah bukan lagi barang baru akan tetapi second habis pemakaian. Harga take over ini sebaiknya dihitung berdasarkan lama tinggal pemilik pertama. Semakin lama tinggal disana maka pengurangan harganya pun semakin tinggi.

  1. Pihak Finance

Proses take over rumah yang hendak dijual tersebut wajib diketahui oleh pihak perusahaan pembiayaan atau finance tempat pertama melakukan kredit supaya proses take over menjadi resmi bukan hanya merupakan take over sepihak saja. Proses take over rumah secara sepihak sangat rawan sekali terhadap penyalahgunaan kredit nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *