Persiapan dan Tips Sewa Apartemen

Posted by mct on

Ingin menyewa apartemen? Iklan properti menawarkan berbagai pilihan untuk sewa apartemen. Zaman sekarang mencari apartemen tidak sulit namun menemukan apartemen sesuai budget memerlukan ketelitian tinggi. Perhitungan budget sewa apartemen harus memperhitungkan juga biaya bulanan yang berkaitan dengan tetek bengek apartemen seperti iuran-iuran.

Beberapa persiapan dan tips sewa apartemen berikut ini perlu diperhatikan sebelum memilih apartemen untuk disewa dan dijadikan tempat tinggal:

  1. Perinci iuran bulanan yang dibebankan kepada penghuni apartemen. Hitung penghasilan dan pengeluaran. Salah memperkirakan pengeluaran dapat memberatkan penghuni apartemen di belakang hari.
  2. Periksa semua fasilitas. Sebuah apartemen wajib memberikan fasilitas air dan listrik. Beberapa apartemen mungkin dilengkapi fasilitas gas bumi. Semua fasilitas tersebut harus berada dalam kondisi berfungsi dengan baik saat diserahterimakan. Adakala marketing apartemen hanya mengajak calon penyewa melihat kondisi unit percontohan. Pastikan memeriksa unit yang hendak disewakan bukan hanya ruang contoh saja.
  3. Perkirakan akses menuju tempat kerja dan sekolah. Salah satu tujuan memilih apartemen sebagai hunian adalah efisiensi dan praktis. Harapan untuk efisiensi bisa saja gagal tercapai jika salah memilih lokasi apartemen. Jika perlu lakukan perjalanan dari apartemen ke tempat kerja dan sekolah sehingga dapat menghitung biaya transportasi dan waktu tempuh.
  4. Susun anggaran. Sebelum pindah ke apartemen baru susun anggaran yang berkaitan dengan rencana kepindahan. Anggaran terkait misalnya uang muka atau tanda jadi, uang jaminan jika tercantum dalam perjanjian atau biaya pengadaan dan perawatan perabotan jika perabotan yang terdapat di dalam unit apartemen kurang memenuhi selera atau persyaratan.

Persiapan dan menerapkan tips sewa apartemen juga harus mempertimbangkan untuk memeriksa kembali perjanjian sewa menyewa. Sebelum membubuhkan tanda tangan di perjanjian sewa menyewa periksa kembali bunyi perjanjian dan poin penting yang dicantumkan. Perjanjian tersebut meliputi besarnya uang sewa, cara pembayaran uang sewa, jangka waktu sewa apartemen, fasilitas yang berhak diterima penyewa, biaya-biaya bulanan yang harus dibayarkan penyewa, perjanjian khusus mengenai perbaikan apabila diperlukan sesuai kesepakatan dan berbagai poin lainnya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *