Hindari 4 Jenis Tanah ini untuk Mendirikan rumah

Posted by mct on

Ketika anda memutuskan untuk membangun rumah, lokasi adalah hal terpenting yang harus dipertimbangkan. Lokasi yang terbaik, nantinya akan menjadi salah satu fasilitas utama yang dapat mendongkrak nilai dari rumah, selain juga keefektifan rumah itu sendiri sebagai tempat tinggal.

Namun, ternyata tidak semua lokasi yang strategis memiliki kualitas tanah yang baik. Menurut banyak ahli properti, ada beberapa tipe tanah yang harus dihindari untuk dijadikan tempat hunian. Beberapa tanah yang banyak digunakan untuk perumahan umumnya adalah tanah bekas kebun atau hutan, dan juga tanah bekas persawahan. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, namun lazimnya hunian dibangun di atas kedua tanah tersebut.

Sementara ada beberapa tanah yang tidak cocok untuk dibangun untuk hunian. Beberapa jenis tanah tersebut adalah tanah bekas lahan pemakaman, bekas rumah sakit, bekas kebakaran, hingga tanah bekas galian.

Tanah Pemakaman atau Kuburan

Memang, ada beberapa rumah dijual di Surabaya, Bandung, Jakarta maupun di wilayah lain yang memilih untuk mengubah lahan pemakaman sebagai lahan hunian. Namun, hal tersebut tentunya setelah mereka tidak memiliki opsi lain.

Tanah bekas kuburan, banyak disebut sebagai pilihan buruk untuk membangun rumah atau hunian lain. Tanah tersebut biasanya masih akan menyisakan hawa ataupun suasana mistis meskipun jasad sudah dipindahkan. Maka tidak heran, jika yang berdiri di bekas tanah pemakaman akan memiliki pergerakan harga yang lambat.

Tanah Rumah Sakit

Rumah sakit, sama dengan tanah kuburan. Tempat ini dinilai memiliki aura yang mistis dan juga suram. Sehingga sebaiknya dihindari. Kesan suram dan juga seram dapat membuat suasana rumah menjadi tidak nyaman untuk ditinggali.

Tidak hanya persoalan mistis, namun juga persoalan kesehatan. Tanah bekas rumah sakit bisa jadi meninggalkan banyak sisa limbah yang masih tertinggal. Sehingga tidak juga baik untuk kesehatan pemilik rumah saat membangun rumah di atas lahan bekas rumah sakit.

Tanah Kebakaran dan Bencana

Tanah bekas bencana, sebaiknya juga dihindari. Bekas kebakaran misalnya, tanahnya akan memiliki karakter yang berbeda. Tanahnya akan menjadi tidak subur dan juga kurang baik untuk membangun rumah. Tidak hanya itu, tanah yang awalnya merupakan lahan biasa banjir juga tidak layak dijadikan lokasi perumahan. Bukan tidak mungkin, nantinya tanah tersebut akan kembali diterjang banjir.

Tanah Galian

Mendirikan rumah di atas tanah galian juga bukanlah sesuatu yang baik. Tanah ini biasanya rawan longsor karena tidak memiliki fondasi atau karakter tanah yang kuat. Karakternya berpasir dan juga berbatu sehingga tidak kuat menahan beban rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *