4 Tips Membeli Tanah Kavling Murah

Posted by mct on

Membeli tanah kavling murah adalah pilihan banyak orang untuk berinvestasi. Namun, terkadang, banyak orang juga membeli tanah kavling karena memiliki dana yang minim untuk membeli rumah jadi, atau tanah yang besar.

Apapun alasannya membeli tanah kavling strategis, semua orang menginginkan untuk membeli tanah kavling yang terbaik. Sehingga nilainya dapat berkembang dengan baik, menguntungkan, dan tidak timbul masalah di kemudian hari.

Ada beberapa cara dan tips yang harus dilakukan untuk membeli tanah kavling yang tepat. Aanda harus memperhatikan hal berikut sebelum membeli tanah kavling.

Potensi Tanah

Hal pertama yang harus anda pertimbangkan ketika membeli tanah kavling adalah apakah tanah memiliki prospek yang baik ke depannya. Apakah lokasi tanah berada akan menjadi kawasan yang berkembang, atau malah ditinggalkan banyak orang.

Tidak hanya itu, jika anda ingin berinvestasi, pastikan bahwa ada rencana pembangunan di daerah sekitar, terutama pembangunan fasilitas yang mendukung kehidupan seperti sarana olah raga, belanja, pendidikan, atau kesehatan. Apalagi, jika Anda berencana untuk membangun rumah minimalis di tanah kavling tersebut.

Kondisi Lingkungan

Perhatikan lingkungan di sekitar tanah. Pastikan bahwa tanah tidak berada di tanah yang lebih rendah dari tanah lain untuk menghindari banjir. Selain itu juga lebih baik membeli tanah yang permukaannya sudah rata sehingga dapat digunakan untuk membangun rumah.

Perhatikan juga fasilitas yang sudah ada di sekitar lokasi tanah. Misalnya, apakah jalan di depan lokasi tanah sudah memiliki jalan yang baik, saluran air yang bisa dibangun, listrik, tempat ibadah, kesehatan, pendidikan, dan lainnya.

Sejarah Tanah

Pastikan juga sejarah dari tanah yang akan dibeli. Apakah fungsi dari tanah sebelum dijual. Jangan sampai, nantinya Anda membeli tanah yang sejarahnya kurang baik. Misalnya, dahulunya itu adalah tanah bekas pemakaman, pembuangan sampah, dan lainnya. tentu ini akan menghambat perkembangan nilai tanah.

Waktu yang Tepat

Waktu membeli tanah juga mempengaruhi harga beli tanah. Maka dari itu, sebisa mungkin membeli tanah sesegera mungkin, karena harga tanah sendiri akan terus naik. Namun, jangan juga membeli terlalu terburu-buru, karena bisa saja malah Anda sedang ditipu.

Yang pasti, jaman sampai Anda melewatkan untuk memverifikasi berkas dan surat-surat tanah sebelum membelinya. Agar nantinya tidak ada masalah di waktu mendatang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *